Kekurangan ataupun kelebihan asupan yodium dapat mengakibatkankan gangguan pada kelenjar tiroid. Lalu, berapa banyak yodium yang mestinya kita konsumsi?

Menurut standar internasional Food and Drug Administration (FDA), konsumsi yodium maksimal untuk seseorang kurang lebih sekitar 150 mikogram (mkg) per hari. Menurut Mulyadi Tedjapranata, Direktur Medizone Clinic Jakarta Selatan, konsumsi itu bisa diperoleh dari mengkonsumsi satu hingga satu setengah sendok makan garam yodium.

Tetapi, walaupun hanya cukup mengkonsumsi sedikit, banyak orang yang menderita gangguan kekurangan yodium. Mulyadi berkata bahwa kekurangan yodium ini biasanya terjadi pada penduduk yang tinggal daerah pegunungan. "Berdasarkan angka statistik internasional, saat ini masih ada sekitar 2,3 miliar penduduk dunia yang mengalami kekurangan yodium," ungkap Mulyadi.

Dalam memenuhi asupan yodium tidak hanya bisa memenuhinya dengan mengkonsumsi garam. Yodium bisa didapat dari berbagai makanan lain misalnya ikan, cumi-cumi, dan kerang. Yodium bisa juga ditemukan pada makanan seperti telur, susu, dan daging. Namun, makanan tersebut mengandung yodium tidak sebanyak garam yodium.

Patut diingat garam atau berbagai bahan makanan beryodium dalam memasak tidak boleh sembarangan. Sebab, kalau sembarangan memasaknya, kandungan yodiumnya bisa berkurang bahkan hilang. Akhirnya, konsumsi garam atau makanan beryodium masih kurang. Akibatnya, hanya rasa asin yang didapat tanpa ada zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Ingat, yodium adalah zat yang cepat menguap apabila terpancar sinar matahari, kandungan yodium pada garam cepat menguap pun bila bersentuhan dengan panas saat dimasak. Selain harus dimasak dengan benar, yodium harus dikonsumsi sejak dini. Asupan yodium dibutuh sejak masih dalam kandungan karena yodium berhubungan erat dengan kecerdasan anak.

Seorang anak berpotensi menderita cacat mental, jika si ibu ketika hamil mengalami kekurangan yodium. Untuk informasi, yodium sangat berhubungan erat dengan pertumbuhan sel pembentuk otak (neuron). "Karena kekurangan yodium, maka pertumbuhan sel otak anak juga terhambat dan menyebabkan cacat mental," kata Mulyadi.

Selamat mencoba semoga bisa bermanfaat. Sehingga hidup bisa lebih terasa tenang dan tentram. Bisa menikmati indahnya kehidupan sehari – sehari.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 ACHMAD RF
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger