Rasa marah seringkali menghampiri kita. Terutama ketika kita sedang dalam kondisi yang tertekan dan dirugikan. Menurut orang – orang marah mengakibatkan orang cepat untuk itu mereka berusaha untuk menahan marah. Daripada dampak negatif marah terus dipelihara, lebih baik kita tenangkan diri kita dengan melahap karbohidrat ber indeks glikemik rendah.

Menurut Dr.Patrick Holford, ahli nutrisi Inggris dan pemilik Institute for Optimum Nutrition, karbohidrat akan merangsang pembentukan L-tryphotan, yang akan diubah oleh otak menjadi serotonin yang menyenangkan.

Apabila karbohidrat yang kita asup adalah karbohidrat berindeks glikemik tinggi, Glukosa dalam darah akan meningkat, lalu turun tajam. Dan akhirnya, pankreas akan bekerja keras berulangkali untuk menetralkan insulin ini. Untuk membantu meringankan kerja pankreas, kita dianjurkan mengasup karbohidrat dengan glikemik rendah, di bawah angka 55. Misalnya, apel, ubi, dan gandum. Jenis makanan ini juga tidak membuat lemak cepat menumpuk.

Tambah juga asupan anda dengan buah berry dan jeruk. Asupan 1.000 mg vitamin C dapat menurunkan kadar kortisol dalam darah. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan oleh otak ketika kita sedang stres. Jika hormon ini kadarnya turun, tingkat stres otomatis ikut turun.
Selamat mencoba semoga bisa bermanfaat. Sehingga hidup bisa lebih terasa tenang dan tentram. Bisa menikmati indahnya kehidupan sehari – sehari.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 ACHMAD RF
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger