Setiap hari kita selalu berinteraksi dengan makhluk hidup dan tak hidup yang ada disekitar kita. Memang di dunia ini banyak sekali variasi – variasi makhluk hidup. Oleh sebab itu, variasi – variasi tersebut memunculkan keanekaragaman makhluk hidup. Keanekaragaman ini dibedakan menjadi keanekaragaman tingkat gen, keanekaragaman tingkat spesies, dan keanekaragaman tingkat ekosistem.

KEANEKARAGAMAN TINGKAT GEN

Keanekaragaman tingkat gen ini merupakan variasi – variasi makhluk hidup yang berbeda namun masih dalam satu spesies.

Misalnya, manusia. Manusia memiliki nama spesies Homo sapiens. Kita lihat, manusia itu memiliki variasi – variasi dalam masing – masing individu meskipun adalah anak kembar. Sehingga setiap manusia memiliki ciri – ciri yang berbeda walupun masih dalam satu spesies.

Contoh lain keanekaragaman tingkat gen adalah keanekaragaman manga (Mangivera indica), keanekaragaman pisang (Musa sp.).

KEANEKARAGAMAN TINGKAT SPESIES

Keanekaragaman tingkat spesies merupakan keanekaragaman makhluk hidup yang terjadi pada satu genus. Keanekaragaman ini bercirikan dengan adanya makhluk hidup yang memiliki genus sama namun keterangan spesies berbeda.

Misalnya pada kenakeragaman kucing. Pada genus panthera terdapat makhluk hidup yang keterangan spesiesnya bebeda satu sama lain. Seperti Harimau (Panthera tigris), Macan tutul (Panthera pardus), Singa (Panthera leo). Pada genus felis terdapat Kucing lynk (Felis lynk), Kucing Anggora (Felis domesticus).

KEANEKARAGAMAN TINGKAT EKOSISTEM

Keanekaragaman tingkat ekosistem meupakan keanekaragaman makhluk hidup dalam satu family namun memiliki tempat hidup yang berbeda. Keanekaragaman ini bercirikan dengan adanya kumpulan nama spesies makhluk hidup yang berbeda namun masih dalam satu family.


Misalnya pada Family Graminae terdapat makhulk hidup seperti Padi (Oryza sativa), Jagung (Zea Mays), Tebu (Schassarum officinarum). Pada Family Leguminoceae terdapat makhluk hidup seperti Kacang tanah (Ascaris hypogea), Kacang kapri (Pisum sativum).

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 ACHMAD RF
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger