Bertahun-tahun lamanya penderita diabetes disarankan untuk menghindari makanan dan minuman bergula karena dikhawatirkan akan lebih cepat meningkatkan kadar gula darah. Tetapi, penelitian memperlihatkan bahwa hal ini tidak benar. Semua karbohidrat, termasuk juga gula dapur, mempengaruhi glukosa darah dengan cara yang hampir sama.

Karbohidrat tidak bergantung pada jenis yang dimakan, tetapi lebih pada porsi yang diasup. Jika konsumsi karbohidrat lebih banyak dari biasa, maka kemungkinan ada ketidak cukupan persediaan insulin untuk membawa kelebihan gula ke dalam sel, yang mengakibatkan meningkatnya kadar gula darah.

Salah satu cara mengatur gula darah adalah dengan mengkonsumsi jumlah karbohidrat yang sama pada waktu-waktu tertentu setiap hari. Paling baik mengonsumsi campuran karbohidrat kompleks dan sederhana.

Manfaat karbohidrat kompleks (tepung) adalah tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk menguraikannya menjadi gula. Ini berarti, gula memasuki aliran darah dengan laju kecepatan yang lebih stabil. Dalam karbohidrat tambahkan makanan lain yang berserat tinggi. Semakin banyak serat yang dikandung makanan, semakin perlahan proses pencernaannya dan semakin lambat peningkatan kadar gula darah.

Sumber karbohidrat kompleks antara lain padi-padian (beras, jagung, gandum), umbi-umbian, sagu, dan sebaginya. Karbohidrat sederhana adalah produk gula itu sendiri atau yang mudah dicerna menjadi gula, misalnya madu, sirup, cake, dan selai, lebih cepat digunakan tubuh sebagai energi sehingga cepat menimbulkan rasa lapar.

Selamat mencoba semoga bisa bermanfaat. Sehingga hidup bisa lebih terasa tenang dan tentram. Bisa menikmati indahnya kehidupan sehari – sehari.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 ACHMAD RF
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger