Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar didunia. Kawasan ini terdapat beragam flora fauna yang beragam. Tersebar dari sabang sampai merauke, dai sabang sampai rote. Flora – fauna langka pun juga masih tersisa disini walaupun ada pula yang sudah punah. Menurut Weber persebaran flora fauna Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah. Yaitu : Orientalis, Peralihan, Australis.

FLORA INDONESIA

Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan flora. Di sini terdapat flora yang beragam. Flora Indonesia termasuk kedalam fitogeografik Malesiana. Pada wilayah Jawa, Sumatra, Kalimantan didominasi oleh tumbuhan biji bersayap (Dypterocarpaceae) seperti Jati, Mahoni, Meranti. Pantainya terdapat hutan bakau. Wilayah ini juga terdapat hutan tropis, hutan monsun tropik, savanna tropis. Pada wilayah Indonesia tengah terdapat savana tropis, hutan pegunungan dan hutan campuran. Pada wilayah Indonesia timur didominasi hutan tropis seperti yang terjadi di Australia utara. Wilayah ini ditumbuhi oleh Kayu putih (Eucalyptus sp.).

FAUNA INDONESIA

Seperti halya flora, Fauna Indonesia juga beragam dan tersebar di tiga wilayah Orientalis, Peralihan, dan Autralis. Pada mulanya Wallacea membagi persebaran di Indoneia menjadi 2 wilayah. Namun, beberapa tahun kemudia Weber merubahnya menjadi 3 wilayah. Pada wilayah Orientalis terdapat hewan mamalia berplasenta seperti Gajah, Harimau, Badak. Burung di daerah ini memiliki kicau yang bagus. Hewan endemiknya adalah Badak jawa. Pada wilayah Peraliahan terdapat hewan peralihan antara oriental dan australis serta kebanyakan endemik. Contohnya Anoa, Maleo, Komodo, Babirusa. Pada wilayah Australis terdapat hewan berkantong seperti kanguru dan walabi. Burungnya berbulu indah seperti seperti cendrawasih dan kakaktua. Daerah lautnya terdapat banya plankton sehingga dihuni oleh banyak jenis ikan. Contohnya lumba – lumba, paus, layaran atau marlin.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 ACHMAD RF
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger